Monday, June 3, 2013

Penggunaan Fungsi Statistik dalam Microsoft Excel

Oleh : Intan Dwi Sari (1121-086) TI-B

Fungsi statistik ? Apa itu fungsi statistik ? Bagaimana cara penggunaannya ?

Daripada bingung, yuk kita bahas jawabannya.. Cekidot :)


Fungsi statistik merupakan salah satu fungsi yang telah disediakan dalam microsoft excel yang dapat memudahkan kita dalam proses pencarian informasi data. Fungsi ini dapat dikatakan sebagai fungsi yang paling sering digunakan dalam penggunaan Microsoft excel. Berikut ini saya ingin membagi sedikit ilmu dan informasi mengenai cara penggunaan beberapa perhitungan sederhana fungsi statistik yang sering digunakan.



1. Fungsi SUM



Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan nilai data dalam suatu range tertentu.  Rumusnya =SUM(numer1, [number2],..) atau =SUM(range data)
Contoh :
1.      Ketikkan rumus di tempat yang diinginkan




2.      Klik cell pertama yang datanya inginkan dijumlahkan




3.      Drag cell dari cell pertama hingga cell terkhir yang datanya ingin dijumlahkan



4.       Tambahkan kurung penutup pada akhir rumusnya


5.      Tekan “Enter” dan akan didapatkan hasil akhir perhitungan.






2. Fungsi AVERAGE



Fungsi ini digunakan untuk menghitung nilai rata-rata data dalam suatu range tertentu.
Rumus fungsi ini sama dengan fungsi SUM hanya cukup mengganti =SUM menjadi =AVERAGE(range data).
Contoh :
1.      Ketikkan rumus di tempat yang diinginkan


2.      Klik cell pertama yang datanya inginkan dijumlahkan




3.      Drag cell dari cell pertama hingga cell terkhir yang datanya ingin dijumlahkan




4.      Tambahkan kurung penutup pada akhir rumusnya


5.      Tekan “Enter” dan akan didapatkan hasil akhir perhitungan.


3. Fungsi COUNT
 
Fungsi ini digunakan untuk menghitung banyaknya data angka dalam suatu range. Rumusnya =COUNT(value1, [value2],..) atau =COUNT(range data)
Contoh :
1.      Ketikkan rumus di tempat yang diinginkan


2.      Klik cell pertama untuk awal perhitungan




3.      Drag cell dalam range tertentu


4.      Tambahkan kurung penutup pada bagian akhir rumus


5.      Tekan “Enter” dan muncullah jumlah banyaknya data yang terpilih


4. Fungsi MIN
 
Fungsi ini digunakan untuk menghitung data angka yang terkecil. Rumusnya =MIN(number1, [number2],..) atau =MIN(range data)
Contoh :
1.      Ketikkan rumus di tempat yang diinginkan




2.      Klik cell dan drag beberapa cell dalam range tertentu




3.      Tambahkan kurung penutup pada akhir rumus




4.      Tekan “Enter” dan didapat nilai data terendah dari range data yang terpilih




 5. Fungsi MAX
 
Fungsi ini digunakan untuk menghitung data angka yang terkecil. Rumusnya =MAX(number1, [number2],..) atau =MAX(range data)
Contoh :
1.      Ketikkan rumus di tempat yang diinginkan


2.      Klik cell dan drag beberapa cell dalam range tertentu




3.      Tambahkan kurung penutup pada akhir rumus


           4.    Tekan “Enter” dan didapat nilai data tertinggi dari range data yang terpilih



Bagaimana ? Mudah kan ?
Itulah beberapa contoh langkah penggunaan rumus statistik sederhana yang sering kita gunakan dalam pengoperasian Microsoft excel. Semoga informasi ini bisa membantu dan bermanfaat untuk kita semua. Sekiaaaann :)


No comments: